PENGUATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN FURNITURE MELALUI SOCIAL MEDIA MARKETING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PERSEPSI HARGA
DOI:
https://doi.org/10.71277/3ahrzd62Keywords:
Keputusan Pembelian, Persepsi Harga, Promosi Penjualan, Social Media MarketingAbstract
Furnitur telah menjadi bagian penting dalam kehidupan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian produk furnitur. 2) Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk furnitur. 3) Pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk furnitur. Penelitian ini menggunakan IKEA untuk menyajikan produk furnitur karena merupakan merek yang populer di dunia. Sampel penelitian kuantitatif ini mencakup 200 konsumen yang telah membeli produk IKEA. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, yang didasarkan pada penilaian peneliti terhadap pengetahuan responden terkait objek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner daring. Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi sebesar 0,726 atau 72,6%. Temuan ini dapat diartikan sebagai persentase pengaruh variabel independen (pemasaran media sosial, promosi penjualan, dan persepsi harga) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) dalam penelitian ini adalah 72,6%, sedangkan sisanya 27,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Studi ini memberikan wawasan kepada praktisi bisnis dan akademisi bahwa pembelian produk furnitur oleh konsumen terbukti dipengaruhi oleh pemasaran media sosial, promosi, dan harga.
Downloads
References
Abdillah, F. (2023). Pengambilan Keputusan Konsumen. In Perilaku Konsumen (pp. 217–227).
Akram, U., Hui, P., Kaleem Khan, M., Tanveer, Y., Mehmood, K., & Ahmad, W. (2018). How website quality affects online impulse buying: Moderating effects of sales promotion and credit card use. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 30(1), 235–256. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2017-0073
Anita, S. Y., Amiruddin, E. E., Wahyuni, R., Wiratmo, L. ., Mustafa, F., Khairo, F., Rahmani, S., Puspasari, D., Suyatni, A., Fadillah, M. I., Adam, K. A., Nurhayati, N., Puspitasari, M., & Abdillah, F. (2023). Perilaku Konsumen (M. A. Wardana (ed.)). Infes Media.
Brucal, S., Corpuz, C., Abeysekera, I., & David, R. (2022). Role of Service Quality, Price, and Firm Image on Customer Satisfaction in Philippine Accounting Firms. Journal of Risk and Financial Management, 15(2). https://doi.org/10.3390/jrfm15020075
Ebrahim, R. S. (2020). The Role of Trust in Understanding the Impact of Social Media Marketing on Brand Equity and Brand Loyalty. Journal of Relationship Marketing, 19(4), 287–308. https://doi.org/10.1080/15332667.2019.1705742
Hao, C., & Yang, L. (2022). Platform advertising and targeted promotion: Paid or free? Electronic Commerce Research and Applications, 55(February), 101178. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2022.101178
Kartajaya, H. (2010). Sales Operation. ESENSI.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson. https://doi.org/10.1556/9789630597784
Lasmaria, R. M. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Marketplace Tokopedia. International Journal Administration, Business & Organization, 4(2), 91–103.
Meikle, G. (2024). Social Media: The Convergence of Public and Personal Communication (Second Edi). https://doi.org/10.4324/9781003021100
Meikle, G., & Young, S. (2012). Media convergence: Networked digital media in everyday life. Palgrave Macmillan.
Mothersbaugh, D. L., Hawkins, D. I., & Kleiser, S. B. (2020). Consumer behavior: building marketing strategy (Fourteenth).
Nugraha, A. S., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 195–212. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.381
Nurmalasari, L. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Umkm Bidang Kuliner). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288–300. https://doi.org/10.31846/jae.v9i3.405
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior Marketing. In Mc Graw. McGraw-Hill Irwin.
Putra, F. A., Jannah, M., Malik, A., Muchlis, E., & Yandra, M. (2019). Identifikasi Produksi Dan Pemasaran Karya Muda Furniture Dalam Industri Mebel. Cived, 6(3). https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.105803
Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT: Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior Twelfth Edition. Pearson.
Sunyoto, D., & Saksono, Y. (2022). Perilaku Konsumen. CV. Eureka Media Aksara.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI.
Wijayanti, L., & Ayu, A. P. (2022). Cultural Strategy: Local Global Identity In Furniture Design By Alvin Tjitrowirjo. Prosding Internasional IC-DAD 2022.
Yudiana, I. M., & Indiani, N. L. P. (2022). Peran Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Kembali di Bale Ayu Denpasar. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 21(1), 55–63. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/ we.21.1.2022.55-63