PENGENALAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN TIKTOK SEBAGAI SARANA PEMASARAN UNTUK PRODUK IKAN HIAS CUPANG UMKM BALE DI DESA COGREG, PARUNG, KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.71277/y40spg10Keywords:
Pemasaran Online, Peningkatan Penghasilan, UMKMAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Budi Bakti menekankan pentingnya pelatihan dalam strategi pemasaran digital melalui media sosial. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada petani ikan Cupang UMKM Tani Bale di Desa Cogreg, Kabupaten Bogor melalui penerapan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan produk ikan hias Cupang mereka. Metode pelaksanaan mencakup identifikasi kebutuhan di tahap awal, pelatihan pra dan pasca, serta dilanjutkan dengan pendampingan dan evaluasi. Tahap awal identifikasi kebutuhan dilakukan untuk memastikan bahwa pelatihan ini cocok dengan kebutuhan para pelaku UMKM ikan hias Cupang di Desa Cogreg, Kabupaten Bogor. Pelatihan ini termasuk praktek langsung dalam pembuatan akun media sosial, yakni Facebook dan TikTok. Hasil dari PKM ini menunjukkan dampak positif dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya penggunaan platform media sosial. Pelatihan ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan pola pikir mereka, mendorong peningkatan penjualan ikan hias Cupang UMKM Tani Bale di Desa Cogreg, Kabupaten Bogor.