EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BILINGUAL CLASS SMP ISLAM ATHIRAH

Penulis

  • Aqilah Salsabila Rahman Sekolah Islam Athirah Penulis

DOI:

https://doi.org/10.71277/rd613x86

Kata Kunci:

Bilingual Class, Discrepancy Evaluation Model, Indeks Kepuasan Pelanggan, Sekolah Islam Athirah

Abstrak

Penggunaan Bahasa Inggris dalam berkomunikasi seperti sudah menjadi kewajiban di zaman yang semakin canggih ini. Ilmu yang dipelajari bisa lebih luas saat seseorang dapat menguasai lebih dari satu bahasa. Di SMP Islam Athirah sendiri, program bilingual class yang masih terbilang baru ini hadir untuk memenuhi tantangan perkembangan zaman tersebut. Evaluasi terhadap program ini terasa perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa baik program ini dilaksanakan di SMP Islam Athirah. Discrepancy Evaluation Model (DEM) digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan bilingual class saat jam pembelajaran berlangsung. Sedangkan, prestasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif untuk mencari tahu sebaran prestasi belajar siswa kelas bilingual. Dari hasil observasi dan analisis deskriptif didapati bahwa tingkat pemahaman siswa cenderung rendah ketika guru memandu kelas dan membawakan materi pelajaran menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu metode Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menganalisis respons orang tua terhadap kualitas pelaksanaan bilingual class. Dari hasil kesimpulan bahwa program bilingual class di SMP Islam Athirah belum sepenuhnya terlaksana dengan baik dan belum mampu memenuhi ekspektasi para orang tua siswa

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-08-01

Cara Mengutip

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BILINGUAL CLASS SMP ISLAM ATHIRAH. (2025). JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BAKTI NEGERI, 2(1), 38-48. https://doi.org/10.71277/rd613x86