STRATEGI PENGEMBANGAN SEGMENTING TERHADAP PERILAKU KONSUMEN GEN Z OHM CLOTHING JOMBANG

Authors

  • Siti Fatimah Universitas Hasyim Asy'ari Author

DOI:

https://doi.org/10.71277/hr7y9g97

Keywords:

Generasi Z, Segmenting, Vendor Kaos

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji strategi pengembangan segmenting terhadap perilaku konsumen Gen Z OHM CLOTHING, diperlukan strategi-strategi yang tepat untuk memahami dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pasar dari Gen Z. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, Metode ini bertujuan untuk memahami fenomena secara mendalam berdasarkan data yang dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara yang kemudian dibagi kedalam tiga tahap yaitu mencatat, mengidentifikasi dan menyimpulkan data yang diperoleh untuk kemudian mencari solusi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal yang peneliti dapatkan (1) Analisis segmentasi konsumen generasi Z, (2) Strategi yang diterapkan OHM CLOTHING, (3) Tantangan dan Solusi dalam menerapkan strategi pengembangan segmenting. Perilaku konsumen Gen Z dipengaruhi oleh tren digital, preferensi personalisasi produk, serta keterlibatan Gen Z melalui media sosial. Strategi yang diterapkan OHM CLOTHING meliputi pendekatan berbasis digital marketing, kolaborasi dengan influencer, serta optimalisasi layanan kustomisasi produk agar lebih sesuai dengan selera Gen Z. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.736

Fajrin, R. A., & Mustofa, M. S. (2023). Strategi Bisnis Pada Pengusaha Fashion Dalam Menghadapi Perkembangan E-Commerce (Studi Kasus pada 3 Pengusaha Fashion di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). JISSE Journal of Indonesian Social Studies Education, Vol I (2), 188–200. https://journal.unnes.ac.id/sju/JISSE/article/view/78942%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/JISSE/article/download/78942/26717

Firman. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. https://www.researchgate.net/publication/328675958_Analisis_Data_dalam_Penelitian_Kualitatif

Giovani, N., Tuada, A. H., & Rapini, T. (2022). Bisnis Clothing Marak Pesaing , PTG Clothing Perlu Strategi yang Optimal. Seminar Nasional Potensi Dan Kemandirian Daerah, 1–5.

Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699

Istiqomawati, R., Widiyastuti, A., & Priyono, S. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix pada Konveksi Vina Collection. Aktiva : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 20–28. https://doi.org/10.56393/aktiva.v2i1.1349

Noni, Y., Fadhilah, N., Norvadewi, N., Yanti, D., & Fitriah, D. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Untuk Mengembangkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa Di Kalimantan Timur. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 445–453. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.87

Purnomo, S., Lestari, W., & Hastuti, I. (2017). Expert System Design for Guidance of Information Technology (It) Technopreneurships Based on Students Personal Characteristics. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 6(11), 237–242. www.ijert.org

Safitri, N. A., Rafy Akbar, M., Zainafsiyah, O. S., Anggraeni, I. D., Tarigan, S. P., Manafe, L. A., & Fitrianty, R. (2024). Pengembangan Wirausaha T-Shirt Twenty Threads Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital. JIHAPENMAS Jurnal Hilirisasi Penelitian Masyarakat, 1(1), 57–67.

Suyatno, A., Arief, S., Asir, M., Anwar, M. A., & Sanusi, M. D. (2023). Penerapan Strategi Segmenting dan Targeting dalam meningkatkan Kinerja Pemasaran: Literatur review. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), 1598–1609. https://doi.org/10.31539/costing.v6i2.5434

Talib, S. I. N., Ismail, Y. L., Kusuma, C. A., & Asnawi, M. A. (2024). Dampak desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian karawo. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(2), 218–231.

Widiati, E., My, A. S., & Santoso, F. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN DIGITAL. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(2), 181–190.

Yuliati, Indriyatni, L., Mutiarasari, A., Bagus, A., Isnain, M., Jannah, D. R., & Saudah, N. (2024). Pengembangan Usaha Sablon Kaos Kustom Nyala Tshirt Berbasis Digital Dan Ramah Lingkungan Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Fokus Abdimas, 2(2), 125–131.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

STRATEGI PENGEMBANGAN SEGMENTING TERHADAP PERILAKU KONSUMEN GEN Z OHM CLOTHING JOMBANG. (2025). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 5(1), 18-26. https://doi.org/10.71277/hr7y9g97