HUBUNGAN ANTARA PEMASOK DAN PELANGGAN DENGAN PENINGKATAN JUMLAH PENJUALAN PADA PT. MULTIKARYA SINARDINAMIKA
Kata Kunci:
pemasok, pelanggan , jumlah penjualanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemasok (X1) dan pelanggan (X2) baik secara parsial maupun simultan dengan peningkatan jumlah penjualan pada PT. Multikarya Sinrdinamika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan sampel ditentukan dengan cara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 20 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi Sederhana dan korelasi Berganda. Hasil penelitian adalah secara parsial Pemasok (X1) dan Pelanggan (X2) dalam meningkatkan Jumlah Penjualan (Y) dari Pvalue (sig) < 0,05 ada pengaruh sebesar 26,2%. Sedangkan untuk hasil penelitian Pemasok (X1) dalam meningkatkan jumlah penjualan (Y) dari Pvalue (sig) < 0,05 sebesar 64,3%. Untuk hasil penelitian Pelanggan (X2) dalam meningkatkan Jumlah Penjualan (Y) dari pvalue (sig) < 0,05 sebesar 39,9%. Dengan adanya penelitian ini maka dapat membantu PT. Multikarya Sinardinamika dengan peningkatkan Jumlah Penjulan dengan memperhatikan Hubungan antara Pemasok dan Pelanggan, sehingga dapat meningkatkan mutu, kualitas dan tetap menjaga hubungan baik antara pemasok, pelanggan dan perusahaan.
Unduhan
Referensi
Candrianto. 2021. Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Malang: Literasi Nusantara.
Hasibuan S.P Malayu, 2016, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi, Jakarta : PT Bumi Aksara
Jakaria Yahya, 2015, Mengolah Data Penelitian Kuantitatif Dengan SPSS, Cetakan Kesatu, Bandung : Alfabeta.cv
Manap, Abdul, H. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Novitasari, Erna, 2020. Dasar- Dasar Ilmu Manajemen. Yogyakarta: UNICORN
Sopiah, 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supomo, R. 2018. Pengantar Manajemen. Bandung: Yrama Widya.
Swastha, Basu, 2008, Manajemen Penjualan, BPFE, Yogyakarta.
Pujawan, I.N., dan Mahendrawathi. 2010. Supply Chain Management. Surabaya: GunaWidya.
Dharmmesta, Swastha, Basu dan Hani T. Handoko. 2016. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta:BPFE
Handayani Tati, Fahtoni Anwar Muhammad. 2019. Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Budi Utama Deepublish
Publisher. Pujawan, I Nyoman dan Mahendrawathi ER. 2010. Supply Chain Management Edisi 2. surabaya: Guna Widya.
Wijoyo Hadion, dkk. 2020. Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Cetakan Pertama. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri Publisher.
Rusmawati Yunni, Azizah Nur Luluk dan Najiah Fitrotun Evi. 2021. Total Quality Management. Bandung: Media Sains Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lusia Mali Riung, Indri Guslina (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.