PENGARUH MANAJEMEN PERUBAHAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS GURU PADA HOMESCHOOLING PRIMAGAMA BEKASI

Authors

  • Sari Dano Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Andrian Adha Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Manajemen Perubahan, Budaya Organisasi, Loyalitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen perubahan dan budaya organisasi terhadap loyalitas guru Homeschooling Primagama Bekasi, kuhususnya pada kondisi lingkungan bisnis yang semakin tidak terprediksi pasca masuknya fenomena Revolusi Industri 4.0. Menyikapi hal tersebut, Homeschooling Primagama Bekasi tengah memantapkan diri untuk melakukan perubahan melalui transformasi yang terarah pada pembenahan SDM dan inovasi teknologi dalam sistem pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Penentuan sampel dilakukan secara non probability sampling dengan teknik sampel jenuh terhadap 52 orang guru Homeschooling Primagama Bekasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel manajemen perubahan dan budaya organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas guru Homeschooling Primagama Bekasi, baik secara parsial maupun simultan. Presentase menunjukkan bahwa sebesar 56,3% variabel loyalitas dapat dijelaskan oleh variabel manajemen perubahan dan budaya organisasi, sedangkan sisanya 43,7% dijelaskan oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldrianto, Muhammad. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja dan Loyalitas terhadap Kinerja Karyawan PT Kospermindo Makassar. Universitas Hasanudin Makassar.

Batjo, Nurdin dan Shaleh, Mahadin. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama. Makasar: Aksara Timur.

Busro, Muhammad. 2018. Teori- Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Foster, Bob dan Sidharta, Iwan. 2019. Dasar-Dasar Manajemen. Edisi pertama. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Homeschooling Primagama Bekasi. 2019. Company Profile. https://homeschooling- primagama.co.id/homesch ooling-primagama-bekasi/ (diakses 1 Desember 2019)

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

PENGARUH MANAJEMEN PERUBAHAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS GURU PADA HOMESCHOOLING PRIMAGAMA BEKASI. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 1(2), 107-126. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/43

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.