ANALISA TINGKAT KINERJA TERHADAP NILAI KEPUASAN PASIEN DI KLINIK KARYA BAKTI PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN
Keywords:
Tingkat Kinerja, Tingkat Kepentigan , Nilai KepuasanAbstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan terhadap kinerja pada layanan kesehatan di Klinik Karya Bakti Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Diagram Kartesius menempatakn titik-titik atribut pada 4 kuadran yang terdiri dari 5 dimensi yaitu Reliable, Responsivenes, Assurance, Tangibles dan Emphaty. Atribut jasa yang termasuk dalam kuadran A yaitu elemen yang dianggap penting oleh konsumen tetapi kurang mendapat perhatian dari manajemen Pemberian pelayanan terhadap pasien secara cepat dan tanggap. Tindakan yang cepat dan tepat terhadap pemeriksaan dan pengobatan, Pemeriksaan laboratorium dijalankan dengan tepat, Kesigapan petugas untuk membantu pasien, Sistem pelayanan yang tidak berbelit-belit, Keahlian/profesionalisme dokter dalam menegakan diagnosis, Memberikan pelayanan terhadap semua pasien tanpa pilih-pilih. Kuadran B menunjukkan elemen jasa yang dianggap oleh pasien telah dilaksanakan pihak manajemen dengan baik sehingga pasien merasa puas. Atribut tersebut adalah : Prosedur pengadminitrasian serta pembayaran yang tidak sulit, Penerimaan hasil pemeriksaan secara tepat dan cepat, Cepat dan tanggap terhadap keluhan pasien, Keterampilan dan pengetahuan personel medis. Kuadran C adalah dianggap tidak penting oleh pasien namun manajemen juga melaksanakannnya dengan pas-pasan. Atribut yang terdapat dalam kuadran ini yaitu :Memberikan informasi secara jelas dan gampang dimengerti, Jaminan keamanan dan kepercayaan terhadap pelayanan, Peduli terhadap keluhan pasien, Kepedulian terhadap kebutuhan dan keinginan pasien, Desain interior dan exterior ruangan. Sementara pada kuadran D, yaitu atribut yang dianggap kurang penting oleh pasien akan tetapi dilaksanakan dengan sangat baik, Adapun elemen atau atribut terdapat dalam kuadran ini yaitu : Kesimpatikan dokter dan petugas, Kebersihan dan kenyamanan gedung, Kerapihan dan kebersihan petugas, Kecanggihan peralatan yang ada.
Downloads
References
Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Firmansyah, Anang dan Mahardhika, Budi W, 2018 Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Penertbit Deepublish,
Kothler, Philip, Amstrong. 2017. Pemasaran, Edisi pertama. Jakarta: Salemba empat
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hal
Sari purwanti, 2015. Kamus Perbankan Jakarta: nuansa cendekia.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta
Sudaryono, 2015. Pengantar Bisnis, Teori dan Contoh Kasus. Yogyakarta: Penerbit Andi
Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta:Penerbit Andi.
Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Peneltian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 B. Retno Pratiwi Sakti (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.