PENGARUH LOKASI  DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN INDOMARET SOLEH ISKANDAR KM 9 BOGOR

Authors

  • B. Retno Pratiwi Sakti Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan para konsumen Indomaret Soleh Iskandar KM 9 Bogor. Responden yang diteliti adalah 109 konsumen yang berbelanja di Indomaret Soleh Iskandar KM 9 Bogor. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan serangkaian pengujian yang dilakukan dengan metode analisis uji t, koefisien determinasi, korelasi, regresi, maka didapat kesimpulan sebagai berikut: 1) Semua instrumen variabel Lokasi (X1), Kualitas Pelayanan (X2) serta Kepuasan Konsumen (Y) mempunyai nilai CITC lebih besar dari 0,3. Hal ini menunjukkan jika masing-masing pernyataan pada lokasi, kualitas pelayanan, dan kepuasan para konsumen dapat diandalkan dan layak digunakan sebagai penelitian. 2) Berdasarkan hasil analisis, nilai Cronbach’s Alpha atas variabel lokasi (X1) sebesar 0,904, kualitas pelayanan (X2) sebesar 0,934, dan kepuasan konsumen (Y) sebesar 0,938. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keseluruhan variabel dalam penelitian ini adalah reliabel, karna memiliki nilai Cronbach’s Alpha diatas 0,6. Lokasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,636 atau 63,6% dan sisanya sebesar 36,4% adalah dipengaruhi faktor lain. Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar sebesar 0,660 atau 66% dan sisanya sebesar 34% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan  Lokasi dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan para konsumen Indomaret Soleh Iskandar KM 9 Bogor sebesar 0,735 atau 73,5% dan sisanya 26,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dala penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi kesebelas. Bandung: Alfabeta

Swasta, Basu. 2008.Manajemen Peasaran Modern.Yogyakarta, liberty.

Kothler, Philip dan Amstrong. 2017. Manajemen Pemasaran, Edisi pertama. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistiyowati, Wiwik. 2018. Kualitas Layanan; Teori dan Aplikasinya. Sidoarjo: Umsida Press.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gergorius. 2017. Pemasaran Strategik, Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

PENGARUH LOKASI  DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN INDOMARET SOLEH ISKANDAR KM 9 BOGOR. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 3(1), 26-42. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/68