PENGARUH CITRA SEKOLAH DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH LANJUTAN DI SMPIT LUQMAN AL HAKIM

Authors

  • Hanaya Jihan Putri Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Rita Mardiana Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Ahmad Juhari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Citra Sekolah, Harga, Keputusan Orang Tua Siswa

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris mengenai Pengaruh Citra Sekolah dan Harga terhadap Keputusan Orang Tua Siswa dalam Memilih Sekolah Lanjutan di SMPIT Luqman Al Hakim. Obyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah Citra Sekolah, Harga, dan Keputusan Orang Tua Siswa di SMPIT Luqman Al Hakim. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 105 orang dari orang tua siswa SMPIT Luqman Al Hakim. Metode penentuan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling, maka jumlah sampel yang diolah dalam penelitian ini adalah 51 sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji t-test dan f-test, uji analisis regresi sederhana dan berganda, uji koefisien determinasi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra sekolah dan harga berpengaruh positif dan signifikan sebesar 80,8 persen dengan nilai korelasi sebesar 0,899 yang artinya memiliki tingkat hubungan sangat kuat terhadap keputusan orang tua siswa dalam memilih sekolah lanjutan di SMPIT Luqman Al Hakim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen. Malang: AE Publishing.

Ahmad, A., & Indra, J. (2021). Biostatistik (Statistik dalam Penelitian Kesehatan). Jakarta: Prenada Media.

Assauri, S. (2020). Manajemen Pemasaran Dasar (Konsep dan Strategi). Jakarta: PT. Raja Drafindo Persada.

Bancin, J. B. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth . Surabaya: Jakad Media Publishing.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan Spss (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: GUEPEDIA.

Ferine, K. F. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Produk Fashion di Situs Online Shop. Yogyakarta: Selat Media.

Firmansyah, A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek. Pasuruan: Penerbit Qiara Media .

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kurniawan, A. (2019). Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah dengan IBM SPSS. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Kusuma, P. P., & Ni W, E, N. N. (2022). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Niat Beli. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Pertiwi, D. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata. Sleman: Deepublish.

Rachmat, Z., Ahmad, A., Alfi, A., & et.al. (2023). Pengantar Bisnis. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Rahmawati. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian dalam Bidang Marketing? (Panduan bagi Peneliti Pemula). Sleman: Penerbit Deepublish.

Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel dan Kuesioner. Indramayu: Penerbit Adab.

Roza, R., Mohamad, N. F., & Woro, I. R. (2020). Tutorial Sistem Informasi Prediksi Jumlah Pelanggan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Bandung: Kreatif.

Sani, F. (2018). Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Satriadi, W., & Eka, H. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru.

Mundzir, A., Yudaningsih, N., Trisavinaningdiah, A., Djaya, T. R., Purwaningsih, N., Angmalisang, S. I., ... & Rahajeng, E. (2021). Manajemen Pemasaran: Saat ini dan Masa Depan. Penerbit insania.

Siswanto. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprapto, R., & Zaky, W. A. (2020). Buku Ajar Pengantar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.

Suprihanto, J. (2018). Manajemen. Yogyakarta: UGM PRESS.

Suwistho. (2022). Pengusaha yang sukses pasti menjaga kepuasan pelanggannya. Purwokerto: CV. Pena Pers.

Trihastuti, A. E. (2021). Manajemen Pemasaran Plus ++. Yogyakarta: Deepublish.

Utama, A. P. (2020). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Ruang Lingkup. Indramyu: Penerbit Adab .

Untari, R. D., Atmoko, W. B., & Budiadi, N. A. (2021, November). Pengaruh Citra Rumah Sakit, Nilai Persepsian dan Kelekatan Merek Secara Emosional Pada Perilaku Memilih Rumah Sakit. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar 2021 (Vol. 1, No. 1).

Warsito, C., Iin, S., & Nida, U. F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Jasa Ojek Online. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran (Teori dan Strategi). Lombok: Forum Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

PENGARUH CITRA SEKOLAH DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH LANJUTAN DI SMPIT LUQMAN AL HAKIM. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 4(1), 1-12. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/72

Similar Articles

1-10 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.