HUBUNGAN DIGITALISASI PORTABEL TERHADAP MENTALITAS PRINSIP INOVATIF GENERASI Z DI KOTA MALANG

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.71277/23q03r65

Kata Kunci:

Digitalisasi Portable, Generasi Z, Mentalitas Prinsip Inovatif

Abstrak

Digitalisasi 5.0 semakin mengubah kehidupan secara mendasar terutama bagi generasi Z yang tumbuh bersama teknologi digital, media sosial menjadi tren terbesar di dunia TikTok lima jam per hari, podcast 37%, streaming video 3,4 jam. Hasil data survei di Indonesia yang melibatkan 2.416 responden menunjukkan bahwa 74% generasi Z senang mendengarkan music. Digitalisasi menjadikan keseimbangan diri antara kehidupan pribadi dan pekerjaan berfokus pada hidup yang inovatif dan instan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan digitalisasi portabel terhadap mentalitas prinsip inovatif generasi Z di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survei dengan purposive random sampling yang melibatkan 100 generasi Z melalui kuesioner Google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi portabel berada dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 3.5, sedangkan mentalitas prinsip inovatif berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3. Uji hipotesis menggunakan Kendall’s tau-b menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,414 hubungan yang cukup variabel X dan variabel Y secara signifikan (p=0,000). Temuan penelitian ini menyatakan bahwa digitalisasi portabel yang sangat tinggi ada hubungan cukup signifikan terhadap mentalitas prinsip inovatif karena dipengaruhi hasil jawaban 100 sampel responden.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2025). Portabel. Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI). Online diakses 11 Juni 2025 https://kbbi.web.id/portabel.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2025). Persentase Tenaga Kerja Formal Menurut Provinsi, 2024. Online diakses 6 Februari 2025 https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE2OCMy/persentase-tenaga-kerja-formal-menurut-provinsi--persen-.html.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. (2025). Angkatan Kerja Menurut Pendidikan dan Jenis Kelamin di Kota Malang, 2023-2024. Online diakses 9 Januari 2025 https://malangkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjMyIzI=/angkatan-kerja-menurut-pendidikan-dan-jenis-kelamin-di-kota-malang--jiwa-.html.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. (2025). Rasio Penduduk Bekerja Terhadap Jumlah Penduduk Usia Kerja Menurut Jenis Kelamin di Kota Malang 2023-2024. Online diakses 9 Januari 2025 https://malangkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjIzIzI=/rasio-penduduk-bekerja-terhadap-jumlah-penduduk-usia-kerja-menurut-jenis-kelamin-di-kota-malang.html.

Brennen, J., Schulz, A., Howard, P., & Nielsen, R. (2020). Industry, experts, or industry experts? Academic sourcing in news coverage of AI.

Dictionary. (2025). Portable. Dictionary. Online diakses https://www.dictionary.com/browse/portable.

Diharto, A. K. (2022). Manajemen inovasi dan kreativitas. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.

Drucker, P. F. (1999). Innovation and Enterpreneurship. HapperCollins.

Fithriana N. (2025). Arti dan Dampak Fenomena NEET pada Generasi Z di Indonesia. Lembaga Penyiaran Publik Radio RI. Online diakses https://www.rri.co.id/lain-lain/1315967/arti-dan-dampak-fenomena-neet-pada-generasi-z-di-indonesia.

Harefa, F., & Lase, D. H. (2025). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Transformasi Digital dan Inovasi dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan dan Teknik, 2(1), 7-12.

Husain, S., Nurhamni, N., Abdi, F. S., Maruf, M. Y. P., & Oktafiani, F. (2025). Mengantisipasi Perubahan Karakter Generasi Z di Era Digitalisasi. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 3(1), 242-247.

Ikhsan, A. N. (2023). Konsep Cinta Tanah Air BJ Habibie dalam Film Rudy Habibie Sutradara Hanung Bramantyo. Journal UNIGHA.

Howarth J. (2025). 7 Top Gen Z Trends for 2024. Eksploading Topics Blog Online. https://explodingtopics.com/blog/gen-z-trends

Jaya, A. L., & Stanislaus, S. (2023). Kesadaran Generasi Z dalam Menanggapi Kebebasan dan Relasinya dengan Sesama di Era Society 5.0: Suatu Analisis Filsafat Eksistensial Menurut Jean-Paul Sartre. Rajawali, 18-25.

Kusnanto, S. P., Gudiato, C., Kom, M., Usman, S. E., Blasius Manggu, S. E., & Sumarni, M. L. (2024). Transformasi Era Digitalisasi Masyarakat Kontemporer. Uwais Inspirasi Indonesia.

Likert, R. (1932). A Technique for The Measurement of Attitudues. Archives Psychology New York University.

Maharani, A. P., Widiyanarti, T., Meilina, A., Lestari, D. A., & Aidilia, Z. (2025). Kebudayaan Gen Z: Kekuatan Kreativitas di Era Digital. Indonesian Culture and Religion Issues, 2(1), 10-10.

Marta, A. D. (2025). 7 gaya hidup Gen Z yang mempengaruhi generasi lain. Universitas Mahakarya Asia.

Mudjiyanto, B., Launa, L., & Yanuar, F. (2024). Digitalisasi Informasi dan Keberlimpahan Berita di Era Pascakebenaran. Oratio Directa (Prodi Ilmu Komunikasi), 6(1).

Mulyatiningsih, J. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, T. R., Wahyuni, R. T., Meilani, N., Anjani, M., & Sari, D. K. (2024). Paritisipasi Politik Gen Z: Eksplorasi Peran Media Sosial dalam Pembentukan Kesadaran Politik Remaja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(1), 61-68.

Raharjo. (2019). Cara Uji Korelasi Kendall’s tau-b dengan SPSS. Online diakses 07 Januari 2025 https://www.spssindonesia.com/2019/01/cara-uji-korelasi-kendals-dengam-spss.html.

Rizqi, M. (2024). Mengungkap misteri generasi Z: Fakta-fakta menarik tentang Gen Z. Terapan Administrasi UNESA.

Romadhona, S. (2023). 8 karakteristik Gen Z yang jadi penentu Indonesia maju. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sinta D. (2025). Preferensi Streaming Musik Gen Z 74% Pilih Senja dan Malam Hari. Online diakses https://goodstats.id/article/preferensi-gen-z-streaming-musik-74-memilih-saat-senja-dan-malam-hari-2DEpv.

Widaswara, R. Y., & Pramana, I. B. K. Y. (2022). Difusi Inovasi dan Adopsi Media Sosial Sebagai Media Komunikasi di Era Pembelajaran Daring. Communicare, 3(1), 21-30.

Zhang, K., & Yang, L. (2025). Analysis of Code-switching Phenomena in the Evolution of sosial Media Language—Take the Mixed Use of Chinese and English by Gen Z as an Example. Journal of Humanities, Arts and sosial Science, 9(3).

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

HUBUNGAN DIGITALISASI PORTABEL TERHADAP MENTALITAS PRINSIP INOVATIF GENERASI Z DI KOTA MALANG. (2025). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 5(2), 11-21. https://doi.org/10.71277/23q03r65

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.