PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE WARDAH OFFICIAL STORE DI APLIKASI SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIM BUDI BAKTI)
DOI:
https://doi.org/10.71277/sf4k5904Keywords:
Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, ShopeeAbstract
Di tengah intensitas persaingan bisnis yang semakin tinggi, pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen menjadi krusial guna mendukung perusahaan dalam menentukan arah kebijakan pemasaran yang sesuai. Hal ini terutama berlaku dalam industri produk skincare yang menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Wardah, sebagai salah satu merek lokal yang berkembang pesat, menjadi fokus pada penelitian ini. Penelitian ini dirancang guna mengevaluasi sejauh mana kualitas produk dan harga secara parsial maupun simultan memiliki peran dalam keputusan konsumen saat melakukan pembelian produk Wardah melalui platform Shopee, khususnya di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti. Penelitian ini melibatkan 45 responden mahasiswa yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Untuk menelaah data yang telah dikumpulkan, digunakan teknik regresi linier berganda sehingga dapat mengukur hubungan antara faktor harga dan kualitas produk dengan keputusan pembelian. Data dianalisis dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25 menggunakan uji regresi linier, korelasi linier, dan koefisien determinasi. Dari hasil analisis berganda Kesimpulan yang dapat diambil bahwa harga dan kualitas produk memberikan dampak positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Wardah.
Downloads
References
Bisnis, M. (2023). Perkembangan Industri Kecantikan (Bagian 2). Daya.Id. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/perkembangan-industri-kecantikan-bagian-2-
Burhanudin Gesi, Rahmat Laan, F. L. (2019). Manajemen dan Eksekutif. Jurnal Manajemen, Volume 3(Oktober 2019), 51–66.
Dinisari, M. C. (2024). ICE Prediksi Industri Kecantikan di Indonesia Tahun 2025 akan Terus Tumbuh. Bisnis.Com. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20241209/263/1822669/ice-prediksi-industri-kecantikan-di-indonesia-tahun-2025-akan-terus-tumbuh).
Friska Geybi Kojongian, Johny R E Tampi, O. F. C. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline. Jurnal Productivity, 3(5), 465–475.
Haque, M. G. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. BERLIAN MULTITAMA DI JAKARTA. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 31–38.
Mbete, G. S., & Tanamal, R. (2020). Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information, and Brand Image of Consumer Purchase Decision on Shopee Online Purchase. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 100. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.4946
Muhammad Edo Fiorentino, Maheni Ika Sari, Tatit Diansari Reskiputri, N. Q. (2023). The Role of Brand Image, Product Quality and Price in Improving Product Purchasing Decisions. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 6, 1798–1808. https://doi.org/10.33258/birci.v6i3.7534
Mukti, I. (2021). Eksplorasi Data Produk Skincare di Shopee. https://ilhammukti.medium.com/eksplorasi-data-produk-skincare-di-shopee-373536b1cd6a
Novel Apriyani Montolalu, Tinneke M. Tumbel, O. C. W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Jurnal Productivity, 2(4), 272–275. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/index
Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., Hadibrata, B., Penulis, K., Fajar, :, & Nuryani, T. (2022). KORELASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4
Rohmah, Z., & Sukaris, S. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian Wardah kosmetik. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.36407/jmsab.v7i1.1164
Senduk, R. S., Morasa, J., & Tangkuman, S. (2023). THE EFFECT OF VIRAL MARKETING, FOOD QUALITY AND BRAND IMAGE ON PRODUCT PURCHASE DECISIONS KOKUMI MANADO. 431 Jurnal EMBA, 11(3), 431–441.
Yemima Marvell Geraldine, A. S. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Media Sosial Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Brand Wardah. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 71–82. https://doi.org/10.46918/point.v3i1.880