Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Generasi Milenial Berzakat Online (Suatu Kajian Studi Literatur Perilaku Konsumen)
Keywords:
Zakat Online, Generasi Milenial, Pengambilan KeputusanAbstract
Ajaran Islam telah mewajibkan setiap harta kekayaan yang telah mendapatkan wajib untuk dizakatkan. Potensi zakat terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah populasi muslim di Indonesia. Pemanfaatan potensi zakat dengan benar akan membantu mengurangi masalah kemiskinan dan mampu memberdayakan ekonomi umat. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi generasi milenial dalam mengambil keputusan berzakat online Metode penelitian dilakukan dengan studi kajian literatur review melalui pengumpulan artikel yang berkenaan dengan zakat online di kalangan generasi milenial. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan generasi milenial berzakat online. Berdasarkan pengumpulan hasil penelitian tentang generasi milenial berzakat online ditemukan bahwa transparansi, kepercayaan, dan tingkat pendapatan memberikan pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan generasi milenial berzakat online. Hasil temuan lainnya yakni adanya hubungan transparansi dengan kepercayaan. Semakin tinggi transparansi lembaga amil zakat atau badan amil zakat maka semakin tinggi kepercayaan muzakki terhadap lembaga tersebut. Adanya hubungan antara tingkat pendapatan dengan kewajiban membayar zakat.