Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Generasi Milenial Berzakat Online (Suatu Kajian Studi Literatur Perilaku Konsumen)

Authors

  • Kushardanta Susilabudi STIM Budi Bakti Author
  • Lily Zulaeha STIM Budi Bakti Author
  • Rina Fatimah STIM Budi Bakti Author
  • Iqbal STIM Budi Bakti Author

Keywords:

Zakat Online, Generasi Milenial, Pengambilan Keputusan

Abstract

Ajaran Islam telah mewajibkan setiap harta kekayaan yang telah mendapatkan wajib untuk dizakatkan. Potensi zakat terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah populasi muslim di Indonesia. Pemanfaatan potensi zakat dengan benar akan membantu mengurangi masalah kemiskinan dan mampu memberdayakan ekonomi umat. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi generasi milenial dalam mengambil keputusan berzakat online Metode penelitian dilakukan dengan studi kajian literatur review melalui pengumpulan artikel yang berkenaan dengan zakat online di kalangan generasi milenial. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan generasi milenial berzakat online. Berdasarkan pengumpulan hasil penelitian tentang generasi milenial berzakat online ditemukan bahwa transparansi, kepercayaan, dan tingkat pendapatan memberikan pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan generasi milenial berzakat online. Hasil temuan lainnya yakni adanya hubungan transparansi dengan kepercayaan. Semakin tinggi transparansi lembaga amil zakat atau badan amil zakat maka semakin tinggi kepercayaan muzakki terhadap lembaga tersebut. Adanya hubungan antara tingkat pendapatan dengan kewajiban membayar zakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Kushardanta Susilabudi, STIM Budi Bakti

    Dosen

  • Lily Zulaeha, STIM Budi Bakti

    Dosen

  • Rina Fatimah, STIM Budi Bakti

    Dosen

  • Iqbal, STIM Budi Bakti

    Dosen

Downloads

Published

2024-12-01

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.