Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Generasi Milenial Berzakat Online (Suatu Kajian Studi Literatur Perilaku Konsumen)

Penulis

  • Kushardanta Susilabudi STIM Budi Bakti Penulis
  • Lily Zulaeha STIM Budi Bakti Penulis
  • Rina Fatimah STIM Budi Bakti Penulis
  • Iqbal STIM Budi Bakti Penulis

Kata Kunci:

Zakat Online, Generasi Milenial, Pengambilan Keputusan

Abstrak

Ajaran Islam telah mewajibkan setiap harta kekayaan yang telah mendapatkan wajib untuk dizakatkan. Potensi zakat terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah populasi muslim di Indonesia. Pemanfaatan potensi zakat dengan benar akan membantu mengurangi masalah kemiskinan dan mampu memberdayakan ekonomi umat. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi generasi milenial dalam mengambil keputusan berzakat online Metode penelitian dilakukan dengan studi kajian literatur review melalui pengumpulan artikel yang berkenaan dengan zakat online di kalangan generasi milenial. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan generasi milenial berzakat online. Berdasarkan pengumpulan hasil penelitian tentang generasi milenial berzakat online ditemukan bahwa transparansi, kepercayaan, dan tingkat pendapatan memberikan pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan generasi milenial berzakat online. Hasil temuan lainnya yakni adanya hubungan transparansi dengan kepercayaan. Semakin tinggi transparansi lembaga amil zakat atau badan amil zakat maka semakin tinggi kepercayaan muzakki terhadap lembaga tersebut. Adanya hubungan antara tingkat pendapatan dengan kewajiban membayar zakat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Kushardanta Susilabudi, STIM Budi Bakti

    Dosen

  • Lily Zulaeha, STIM Budi Bakti

    Dosen

  • Rina Fatimah, STIM Budi Bakti

    Dosen

  • Iqbal, STIM Budi Bakti

    Dosen

Diterbitkan

2024-12-01

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama