PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya konsumen yang masih belum memilih shopee sebagai tempat pembelanjaan secara online. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara electronic word of mouth dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online dimarketplace shopee. Populasi penelitian ini mahasiswa STIM Budi Bakti yang pernah berbelanja secara online dishopee lebih dari dua kali. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling kuota. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis data yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji regresi linier berganda, uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online di marketplace shopee. Dari analisis terdapat hasil R2 0,528. Artinya bahwa 52,8% variabel Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Electronic Word Of Mouth dan Kepercayaan, sementara sisanya 47,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vivi Ristanti, Indah Fajriati (Penulis)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.