PENGARUH PENGAWASAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN STAF GUDANG CEPAT NAHKODA SETIA SINGA

Authors

  • Mohammad Mardiyoto Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Giharjo Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Vivi Ristanti Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Efektivitas Kerja, Pengawasan, Lingkungan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan dan lingkungan kerja terhadap efektivitas kerja karyawan staf gudang PT. Cepat Nahkoda Setia Singa. Penelitian ini dilakukan di PT. Cepat Nahkoda Setia Singa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu metode sampling jenuh pada penelitian ini adalah seluruh karyawan staf Gudang pada PT. Cepat Nahkoda Setia Singa yang berjumlah 58 orang (semua populasi dijadikan sampel). Teknik pengumpulan data menngunakan observasi dalam bentuk kuesioner. Teknik pengolahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji korelasi, koefisien determinasi dan uji simultan. Variabel Pengawasan (X1), Lingkungan Kerja (X2) dan Efektivitas Kerja (Y), hasil uji validitas mempunyai nilai CITC lebih besar dari 0,30. Hasil penelitian adalah tingkat signifikan Pvalue (0,000) < 0,05 yang artinya ada pengaruh antara Pengawasan terhadap Efektivitas  Kerja yaitu sebesar 93,5 persen. Sedangkan untuk Lingkungan Kerja terhadap Efektivitas Kerja juga berpengaruh sebesar 82,2 persen yang artinya ada pengaruh antara Pengawasan dan Lingkungan Kerja yaitu sebesar 93,9 persen, sedangkan sisanya 6,1 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, I. (2018). Manajemen Humas dalam membangun citra sekolah: Studi kasus di SMK Yosonegoro Magetan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Bulan, S. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengawasan Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan (Studi Pada PT. Bunga Wangsa Sedjati Kota Batu).

Busro, Muhammad. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media

Dewita, R. A., & Yapentra, A. (2019). Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Guru Pada SMK “XY” Kota Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 10(3), 411-418.

Fahmi, Irfan. (2017). Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar manajemen. Deepublish.

Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Handoko. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta Bumi Aksara. Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Hasibuan, Malayu. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Irmayani, N. W. D., & SE, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Jurdi, F. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Luthfi, A., Norawati, S., Zulher, Z., & Basem, Z. (2022). The effect of supervision, work motivation, and interpersonal communication on employee performance and organizational commitment as variables intervening. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 5(1), 92-104.

Mardiasmo. (2018). Efisiensi Dan Efektifitas. Jakarta: Andry.

Meithiana, I., & Ansory, H. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Rahmat, Y. (2021). Pengaruh Pengawasan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Tetap Pada Pt. Air Jernih Desa Aliantan Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 393-400.

Ricardianto, P. (2020). Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Pelabuhan Cerdas (Smart Port) Nasional di Masa Revolusi Industri 4.0. Warta Penelitian Perhubungan, 32(1), 59-66.

Robbins, S. (2019). Organization Theory: Structure, Design, and Applications. Jakarta: Salemba.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Siagian, S. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, D. (2022). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukanto dan Indriyo. (2018). Manajemen Produksi. Edisi Pertama. Gramedia Pustaka, Jakarta

Sukoco, I. (2017). Human Capital Approach to Increasing Productivity of Human Resources Management. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(1).

Supomo, R. dan Eti Nurhayati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Mahasiswa dan Umum.

Steers. (2017). Efektifitas Organisasi (Kaidah perilaku: Seni Manajemen). Jakarta: Erlangga.

Syahputra, E. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada UPT. Samsat Medan Utara (Doctoral dissertation).

Tampubolon, M. P. (2017). Perilaku Keorganisasian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

PENGARUH PENGAWASAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN STAF GUDANG CEPAT NAHKODA SETIA SINGA. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 4(1), 37-49. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/75

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)