ANALISIS BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PT KARYA MASYARAKAT MANDIRI

Authors

  • Syarifudin Hidayatullah Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Rina Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Aza El Munadiyan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Budaya Organisasi, Motivasi Karyawan, Kepuasan Kerja, PT Karya Masyarakat Mandiri, Wawancara

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis budaya organisasi, motivasi karyawan, dan kepuasan kerja di PT Karya Masyarakat Mandiri. Data dikumpulkan melalui serangkaian wawancara dengan HRD, staff, dan karyawan. Budaya organisasi perusahaan mementingkan nilai-nilai jujur, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, ikhlas, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai ini tercermin dalam interaksi dan kolaborasi baik antar karyawan serta dukungan dari manajemen. Faktor-faktor motivasi seperti gaji yang cukup, kesempatan pengembangan pribadi, dan pencapaian karir juga mempengaruhi tingkat kepuasan kerja. Meskipun kebanyakan informan merasa puas dengan lingkungan kerja islami dan fasilitas memadai, beberapa aspek, seperti kedisiplinan dan kebijakan perusahaan, perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, diberikan saran untuk meningkatkan disiplin, memperkuat kerjasama tim, dan memberikan kesempatan pengembangan keterampilan serta karir bagi karyawan. Dengan demikian, PT Karya Masyarakat Mandiri diharapkan dapat terus meningkatkan budaya organisasi dan menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi dan memuaskan seluruh anggotanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, M. (2006). A handbook of human resource management practice. Kogan Page Publishers.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative research in psychology, 3(2), 77-101.

Deal, T. E., & Kennedy, A. A. (1983). Corporate cultures: The rites and rituals of corporate life: Addison-Wesley. Business Horizons, 26(2), 82-85.

Gary, D. (2011). Human resource management. Pearson Education India.

Gomez-Mejia, L. R., Balkin, D. B., Cardy, R. L., & Carson, K. P. (1995). Managing human resources.

Hoppock, R., & Robinson, H. A. (1950). Job satisfaction researches of 1949. Occupations: The Vocational Guidance Journal, 29(1), 13-18.

Isac, N., Dobrin, C., Raphalalani, L. P., & Sonko, M. (2021). Does organizational culture influence job satisfaction? A comparative analysis of two multinational companies. Revista de Management Comparat International, 22(2), 138-157.

Karatepe, O. M., Uludag, O., Menevis, I., Hadzimehmedagic, L., & Baddar, L. (2006). The effects of selected individual characteristics on frontline employee performance and job satisfaction. Tourism management, 27(4), 547-560.

Locke, E. A. (1976). The nature and causes of job satisfaction. Handbook of industrial and organizational psychology.

Maslow, A. H. .1943. A Theory of Human Motivation. Psychological Review.

Mello, J. A. (2015). Strategic human resource management. Cengage Learning.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. INERSIA lnformasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92-104.

Robbins, S. P., & Judge, T. A .2018. Organizational Behavior. Pearson.

Schein, E. H. .1991. Organizational Culture and Leadership. Jossey-Bass.

Sugiyono. .2011. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. bandung alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

ANALISIS BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PT KARYA MASYARAKAT MANDIRI. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 4(1), 26-36. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/74

Similar Articles

1-10 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.