BITCOIN, EMAS DAN DOLLAR AMERIKA SERIKAT SEBAGAI LINDUNG NILAI KETIKA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Aza El Munadiyan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

bitcoin, emas, dollar AS, lindung nilai

Abstract

Pandemi COVID-19 menerpa banyak sektor tidak terkecuali sektor keuangan. Ketika tejadi goncangan di sektor keuangan maka salah satu pembahasan yang selalu diperbincangkan yaitu mengenai lindung nilai. Cryptocurrencies alat tukar digital yang sedang berkembang disebut tidak terpengaruh oleh krisis akibat COVID-19. Asumsi perlu dibuktikan dengan sebuah penelitian ilmiah yang membandingkan emas dan mata uang Dollar Amerika Serikat sebagai salah satu lindung nilai tradisional dengan Bitcoin sebuah digital cryptocurrencies. Kami menggunakan model regresi linier untuk menyelidiki volatilitas, korelasi dan efek spillover antara Bitcoin dengan emas dan Dollar AS. Efek spillover antara Bitcoin dan aset utama lainnya dianalisis dengan tujuan apakah Bitcoin bisa dipergunakan sebagai aset lindung nilai atau hanya sebatas alat tukar digital. Hasilnya kami menemukan bahwa Bitcoin tidak memberikan efek terhadap emas dan dollar AS. Korelasi antara Bitcoin dengan USD/IDR lemah dan korelasi dengan emas kuat dalam jangka satu tahun dan korelasi lemah dalam jangka waktu pendek. Bitcoin bisa menjadi lindung nilai untuk USD/IDR dan emas dalam jangka pendek dan sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Corbet, S., Meegan, A., Larkin, C., Lucey, B., & Yarovaya, L. (2018b). Exploring the dynamic relationships between cryptocurrencies and other financial assets. Economics Letters.

Dyhrberg, A. H. (2016a). Bitcoin, gold and the dollar e a GARCH volatility analysis. Finance Research Letters, 16, 85e92.

D Dyhrberg, A. H. (2016b). Hedging capabilities of Bitcoin. Is it the virtual gold? Finance Research Letters, 16, 139e144. E

Fry, J., & Cheah, E. (2016). Negative bubbles and shocks in cryptocurrency markets. International Review of Financial Analysis, 47, 343e352

GKILLAS, Konstantinos and KATSIAMPA, Paraskevi (2018). An application of extreme value theory to cryptocurrencies. Economics Letters, 164, 109-111.

Wang, G.-J., Xie, C., Jiang, Z.-Q., & Stanley, H. E. (2016). Extreme risk spillover effects in world gold markets and the global financial crisis. International Review of Economics & Finance, 46, 55e77.

Wang, G.-J., Xie, C., Wen, D., & Zhao, L. (2018).

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

BITCOIN, EMAS DAN DOLLAR AMERIKA SERIKAT SEBAGAI LINDUNG NILAI KETIKA PANDEMI COVID-19. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(1), 129-135. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/52

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.