HUBUNGAN ANTARA PEMASOK DAN PELANGGAN DENGAN PENINGKATAN JUMLAH PENJUALAN PADA PT. MULTIKARYA SINARDINAMIKA

Authors

  • Lusia Mali Riung Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Indri Guslina Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

pemasok, pelanggan , jumlah penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemasok (X1) dan pelanggan (X2) baik secara parsial maupun simultan dengan peningkatan jumlah penjualan pada PT. Multikarya Sinrdinamika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan sampel ditentukan dengan cara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 20 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi Sederhana dan korelasi Berganda. Hasil penelitian adalah secara parsial Pemasok (X1) dan Pelanggan (X2) dalam meningkatkan Jumlah Penjualan (Y) dari Pvalue (sig) < 0,05 ada pengaruh sebesar 26,2%. Sedangkan untuk hasil penelitian Pemasok (X1) dalam meningkatkan jumlah penjualan (Y) dari Pvalue (sig) < 0,05 sebesar 64,3%. Untuk hasil penelitian Pelanggan (X2) dalam meningkatkan Jumlah Penjualan (Y) dari pvalue (sig) < 0,05 sebesar 39,9%. Dengan adanya penelitian ini maka dapat membantu PT. Multikarya Sinardinamika dengan peningkatkan Jumlah Penjulan dengan memperhatikan Hubungan antara Pemasok dan Pelanggan, sehingga dapat meningkatkan mutu, kualitas dan tetap menjaga hubungan baik antara pemasok, pelanggan dan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candrianto. 2021. Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Malang: Literasi Nusantara.

Hasibuan S.P Malayu, 2016, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi, Jakarta : PT Bumi Aksara

Jakaria Yahya, 2015, Mengolah Data Penelitian Kuantitatif Dengan SPSS, Cetakan Kesatu, Bandung : Alfabeta.cv

Manap, Abdul, H. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Novitasari, Erna, 2020. Dasar- Dasar Ilmu Manajemen. Yogyakarta: UNICORN

Sopiah, 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supomo, R. 2018. Pengantar Manajemen. Bandung: Yrama Widya.

Swastha, Basu, 2008, Manajemen Penjualan, BPFE, Yogyakarta.

Pujawan, I.N., dan Mahendrawathi. 2010. Supply Chain Management. Surabaya: GunaWidya.

Dharmmesta, Swastha, Basu dan Hani T. Handoko. 2016. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta:BPFE

Handayani Tati, Fahtoni Anwar Muhammad. 2019. Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Budi Utama Deepublish

Publisher. Pujawan, I Nyoman dan Mahendrawathi ER. 2010. Supply Chain Management Edisi 2. surabaya: Guna Widya.

Wijoyo Hadion, dkk. 2020. Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Cetakan Pertama. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri Publisher.

Rusmawati Yunni, Azizah Nur Luluk dan Najiah Fitrotun Evi. 2021. Total Quality Management. Bandung: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

HUBUNGAN ANTARA PEMASOK DAN PELANGGAN DENGAN PENINGKATAN JUMLAH PENJUALAN PADA PT. MULTIKARYA SINARDINAMIKA. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(1), 38-55. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/47

Similar Articles

11-18 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)