PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN PT BHINNEKA TEKNO SEJATI
Kata Kunci:
Fasilitas, Keputusan Menggunakan Jasa, Kualitas Pelayanan, LokasiAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan Perusahaan jasa pengiriman yang tinggi serta tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah wisatawan yang seimbang. Penyedia layanan pengiriman harus menyediakan strategi terbaik untuk menarik customer, karena dengan adanya Perusahaan-perusahaan jasa pengiriman baru maka customer menjadi semakin memiliki banyak pilihan. PT Bhinneka Tekno Sejati merupakan salah satu Perusahaan jasa pengiriman yang terkena imbas dari ketidak seimbangan tersebut. Masalah dari penelitian ini adalah “faktor apa yang mempengaruhi keputusan customer untuk menggunakan jasa pengiriman PT Bhinneka Tekno Sejati”. Yang difokuskan pada tiga variabel yaitu kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mempelajari pengaruh dari tiga variabel tersebut dalam mempengaruhi keputusan menggunakan jasa pengiriman PT Bhinneka Tekno Sejati. Setelah melakukan kajian literatur dan penyusunan hipotesis, data yang dikumpulkan melalui kuesioner pada 122 customer diperoleh menggunakan teknik sampling sistematik. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis. Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Y = 0,055 X1+0,284X2+ 0,685 X3. Dimana variabel Keputusan menggunakan jasa pengiriman, Fasilitas, dan Lokasi diuji menggunakan uji hipotesis bahwa ketiga variabel independen secara signifikan mempengaruhi keputusan menggunakan jasa pengiriman sebagai variabel dependen.