PENGARUH MOTIVASI DAN INSENTIF TERHADAPSEMANGAT KERJA DOSEN PADA STIM BUDI BAKTI

Authors

  • Arif Igo Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Motivasi, Insentif, Semangat Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi kerja dan insentif kerja terhadap semangat kerja Dosen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi kerja dan insentif kerja terhadap semangat kerja Dosen STIM Budi Bakti. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik pengumpulan data survei melalui pembagian Kuesioner. Penelitian survei merupakan penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner, yang dibagikan kepada seluruh Dosen untuk mengisi kuesioner dimaksud. Kuesioner tersebut kemudian dilakukan penghitungan dengan menggunakan skala likert dengan pilihan sangat setujuh 5 poin, setujuh 4 poin, ragu-ragu 3  poin, tidak setujuh 2 poin dan sangat tidak setujuh 1 poin. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik pengambilan sampel acak Dosen pada STIM Budi Bakti. Dari 26 elektronik kuesioner yang dibagikan melalui google form, hanya 18 kuesioner yang kembali, sehingga perhitungan hanya menggunakan 18 kuesioner. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan dan diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil dari pengujian penelitian dengan tingkat signifikan P-Value (sig) 0.00<0.05 dengan kesimpulan ada pengaruh motivasi kerja dan Insentif kerja terhadap semangat kerja Dosen STIM Budi Bakti. Hasil Uji Determinasi sebesar 38,6% dan sisanya 61,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT.Revika Aditama.

Dessler Gary, 2009. Terjemahan oleh Agus Dharma, Manajemen Personalia, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Edy Sutrisno, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Jakarta: Pranada Media Group.

Jakaria, Yaya, 2015. Mengolah Data Penelitian Kuantitatif Dengan SPSS. Cetakan Ke-1. Bandung: Alfabeta.

Maslow Abraham, H., 2013. Motivasi dan Kepribadian, Jilid I dan II, Terjemahan Nurul Imam, Jakarta: Pustaka Binaan Presindo.

Manulang, M., 2014. Management Personalia, Cetakan VII, Ghalia Indonesia, 1998 Moekijat, Motivasi dan Pengembangan Manajemen, Cetakan Pertama, Bandung: Penerbit Alumni.

Ranupandojo, Heidjrachman, 2014. Manajemen: Teori Dan Konsep, Cetakan II, Yogyakarta: UUP AMP YKPN.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, Bandung: Penerbit Alfabeta

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

PENGARUH MOTIVASI DAN INSENTIF TERHADAPSEMANGAT KERJA DOSEN PADA STIM BUDI BAKTI. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 1(1), 1-15. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/32

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.