PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE DAN FASILITAS DIGITAL PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS MAHASISWA STIM BUDI BAKTI DALAM APLIKASI ONLINE E-COMMERCE SHOPEEPAY)
Keywords:
Aplikasi Belanja Online, Fasilitas Digital Payment, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Aplikasi Belanja Online dan Fasilitas Digital Payment terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus mahasiswa STIM Budi Bakti menggunakan E-Commerce ShopeePay). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan sampel Porposive yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data mengunakan Korelasi Determinansi dan Analisis Regresi Linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara aplikasi Belanja Online (X1) dan Fasilitas Digital Payment (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil perhitungan : 1). Didapat Pvalue (sign) > 0,05 artinya H0 ditolak H1 diterima artinya ada pengaruh antara Aplikasi Belanja Online (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,339 atau 33,9 %. 2). Didapat Pvalue (sign) > 0,05 artinya H0 ditolak H1 diterima artinya ada pengaruh antara Fasilitas Digital Payment (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,448 atau 44,8%. 3). Fhitung > Ftabel = 7,950 > 2,72 H0 ditolak H1 diterima hal ini menunjukan adanya pengaruh antara Aplikasi Belanja Online (X1) dan Fasilitas Digital Payment (X2) terhadap Keputusan Pembeian pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti yang menggunakan aplikasi ShopeePay.
Downloads
References
Andrian, Wahyu C.M, Putra , Dkk. 2022. Dalam Buku Perilaku Konsumen. Penerbit Rena Cipta Mandiri
Aditya Wardhana, Endah B, Dkk, 2020. Dalam Buku Perilaku Konsumen (Teori Dan Implementasi) Penerbit Media Sains Indonesia
Agus Samekto. 202, Dalam Buku Penerapan Theory Pland Behavior Pada Penggunaan Payment Gateway Oleh Ukm (Dimasa Pandemi Covid 19)
Miguna Astuti., dan Agni Rizkita Amanda, 2020 Dalam Buku Pengantar Manajemen Pemasaran, Penerbit CV. Budi Utama
Daniel Napitupulu., dan Yoseph P. Hutabarat., 2022 Dalam Buku Manajemen Pemasaran Digital (Perpaduan Teori dan Aplikasi), Penerbit Yayasan Kita Menulis
Harmayani, Durahman Marpaung A,H, Neni M, Dan Jeperson H. 2020. Dalam Buku E-Commerce Suatu Pengantar Bisnis Digital. Penerbit Yayasan Kita Menulis
Hery., 2019 Dalam Buku Manajemen Pemasaran, Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia
John Suprihanto. 2018, Dalam Buku Manajemen 2020
Lam Alif Saputro, F. Y. Khosmas, M. Basri 2019, Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak
Layli Dorrotun Nabilla, 2020. Pengaruh Dompet Digital Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Franchise Minumann (Studi Pada Mahasiswa Minuman Chatime Di Lippo Plaza Sidoarjo, Jurnal Pendidikan Tata Niaga , Fakultas Ekonomi
Ramadani, L. 2016. Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (EMoney) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Studi Pembangunan 8(1): 1–8.
Romindo, Muttaqin, Didi Hadi Saputra, Dkk. 2019. Dalam Buku E-Commerce : Implementasi, Strategi Dan Inovasi. Penerbit Yayasan Kita Menulis
Roni Angger Aditama., 2020 Dalam Buku Pengatar Manajemen
Sheila F.N, Rini R.K, Daris J 2019.Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Shopee (Studi Pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Malang)
Yosi Safera 2020, Gambaran Perilaku Konsumtif Terhadap Pengguna Digital Payment Pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Medan Area
https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
https://iprice.co.id/trend/insights/report-peta-persaingan-e-commerce-q3-2021/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Mardiana (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.