PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APLIKASI SHOPEEFOOD STUDI KASUS CIVITAS AKADEMIKA STIM BUDI BAKTI

Authors

  • Asep Hendriana Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Siti Nurlaelah Sapari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Kualitas pelayanan, Harga , Kepuasan pelanggan

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena dapat mempengaruhi kesetiaan atau loyalitas dari pelanggan yang nanti akan berefek pada berkurangnya bahkan hilangnya pelanggan, dan ujung nya akan berpengaruh pada pendapatan atau pemasukan income bagi perusahaan.Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, dalam penelitian kali ini peneliti mencoba meneliti 2 (dua) variabel, yaitu factor kualitas pelayanan dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan (X1) aplikasi Shopeefood terhadap kepuasan pelanggan (Y) civitas akademika STIM Budi bakti. Pengaruh harga (X2) aplikasi ShopeeFood terhadap kepuasan pelanggan(Y) civitas akademika STIM Budi bakti. Pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) aplikasi ShopeeFood terhadap kepuasan pelanggan (Y) civitas akademika STIM Budi Bakti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagian dari civitas akademika STIM Budi bakti yang terdiri dari dosen, staf dan mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 orang. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan berupa observasi dan penyebaran kuesioner kepada responden.Teknik pengolahan data yang dipakai dalam penelitian ini uji validitas, uji reliabilitas, uji T-test, uji F-test, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear ganda, uji korelasi, uji koefisien determinasi, Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) memiliki pengaruh yang sangat kuat yaitu sebesar 69,2%, pengaruh harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan sebesar 72,4% dan pengaruhnya sangat kuat. Sedangkan pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 81,9%. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfisyahril,Fichri, Fadli, Ahmad, Sihombing, Ester Hervina, Septiani, Rosita, Chaniag, Sabaruddin, Relevansi antara Kualitas Pelayanan dan fasilitas Produk dengan tarif (Biaya Tol)sebagai alternative Pendukung untuk Kepuasan Pengguna jalan Tol, cetakan tahun 2022, Penerbit Adab, Indramayu

Al Idrus, Dr. Salim, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian, Konsep dan teori, cetakan I, Agustus 2019, penerbit Media Nusa Creative , Malang

Arista, Atmadjati,2018. Layanan Prima Dalam Praktek Saat Ini, edisi 1 cetakan 1 Yogyakarta, Penerbit deepublish.

Fatihudin, Dr Didin, Firmansyah, Dr Anang, Pemasaran Jasa Strategi, cetak 2019, Deepublish, Yogyakarta

Jaya, I Made Mertha, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata,2020, Yogyakarta, Penerbit Anak Hebat Indonesia.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, judul aseli MARKETING MANAGEMENT THIRTHEEN EDITON, Cetak 2019, Pt Gelora Aksara pratama, , Penerbit Erlangga, Jakarta

Luthfi, H. Ahmad, Kasnelly, Sri, Hamid, Abd, Metodologi Penelitian Pendidikan Cetakan 1 Mei 2022, Penenrbit Insan Cendikia Mandiri Sumatera Barat

Mu’ah, Kualitas Pelayanan Rumah Sakit terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien, cetakan 2021, Penerbit Zifatama Publisher, Sidoarjo

Musfar, Tengku Firli, Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran., Terbitan Pertama Oktober 2020, Media Sains, Bandung

Muspiha, Platform Digital Harga, Kualitas Pelayanan & Kepuasan Pelanggan, cetakan 2022, Penerbit Rena Cipta Mandiri, Malang

Roflin, Eddy, Liberty, Iche Andriyani, Pariyana, Populasi, sampel, variable, dalam Penelitian Kedokteran, cetakan April 2021, Penerbit PT Nasla Expanding Management, Pekalongan.

Sari, A.A Ayu Ratih Permata, Yasa, Ni Nyoman Kerti, , Kepercayaan pelanggan Diantara Hubungan Citra Perusahaan dan Kewajaran Harga dengan Loyalitas Pelanggan MapeMall, cetak 1 Mei 2020, penerbit Lakeisha, Yogyakarta.

Suryani, Customer relationship Management (CRM) dalam Riset Pemasaran, Cetakan 2021, Penerbit Pascal Books, Tangerang selatan

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APLIKASI SHOPEEFOOD STUDI KASUS CIVITAS AKADEMIKA STIM BUDI BAKTI. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 1(2), 127-136. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/93

Similar Articles

11-20 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.