PENERAPAN BRANDING DAN KONTEN VIDEO DI PLATFORM YOUTUBE DALAM RANGKA MENGANGKAT CITRA MEREK ATAP ALANG-ALANG

Authors

  • Hasna Aghnia Mumtazah Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Arif Igo Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Feby Aryani Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • B Retno Pratiwi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

DOI:

https://doi.org/10.71277/zcp4c814

Keywords:

Branding, Konten Video, Citra Merek

Abstract

Pemanfaatan branding dan konten video di media sosial menjadi strategi penting dalam meningkatkan citra merek, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan branding dan publikasi konten video melalui platform YouTube terhadap peningkatan citra merek atap alang-alang yang diproduksi oleh UMKM Bu Hamdah di Desa Cibentang, Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan identitas merek melalui desain logo dan pembuatan slogan memberikan dampak positif terhadap persepsi masyarakat terhadap usaha tersebut. Selain itu, publikasi konten video yang bersifat edukatif, informatif, dan menghibur di YouTube terbukti mampu meningkatkan kesadaran publik terhadap produk, serta menarik minat calon pelanggan. Indikator keberhasilan tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah tayangan (views), pelanggan (subscribers), dan komentar positif pada video yang diunggah. Dengan demikian, strategi branding dan konten video digital dapat menjadi alat yang efektif dalam membangun dan memperkuat citra merek bagi UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agisna Millati, M. A. B. (2022). Analisis Humor Dalam Konten Tiktok @fadlanholao. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.30596/interaksi.v6i1.7536

Erwin., et al. (2024). Manajemen Pemasaran Teori dan Praktek. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.

Kotler Philip, & Armstrong Gary. (2016). Prinsip - Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Lesmana Nandang., et al. (2022). Manajemen Pemasaran. Depok: Strategy Cita Semesta.

Manurung, L. D. R., & Rozi, F. (2024). Penggunaan Konten Tiktok Akun @Gilanknugroho dalam Edukasi Tugas Akhir Mahasiswa. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 183–192. https://doi.org/10.33506/jn.v10i1.3408

Musrifah. (2022). Personal Branding: Membangun Karakter Melalui Content Writing Berbasis Media Sosial. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.58518/alamtara.v6i1.863

Pardianti, M. S., & S, V. V. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187–210. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1905

Pranadewi, A., Hildayanti, S. K., & Emilda, E. (2024). Pengaruh Live Streaming, Harga dan Personal Branding terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Aplikasi Tiktok. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 5(1), 20–31. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v5i1.1690

Raharjo FS., et al. (2019). The Master Book Of Personal Branding. Yoyakarta: Quadran.

Rahmadani Suci., et al. (2022). Citra Merek dan Keputusan Pasien memilih. Sigi: CV. Feniks Muda Sejahtera.

Ritonga Wier. (2020). Pemasaran. Surabaya: PT. Muara Karya.

Sunyoto, & Danang. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.

Downloads

Published

2025-06-19

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.