PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN INDOMARET SOLEH ISKANDARKM 9 BOGOR

Authors

  • Febri Zaelani Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • B. Retno Pratiwi Sakti Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Indomaret Soleh Iskandar KM 9 Bogor. Responden dalam penelitian ini adalah 208 konsumen yang berbelanja di Indomaret Soleh Iskandar KM 9 Bogor. Berdasarkan data yang telah dikumpulan dan pengujian yang dilakukan dengan metode analisis uji t, koefisien determinasi, korelasi, regresi, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Semua instrumen variabel Promosi (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Kepuasan Konsumen (Y) mempunyai nilai CITC lebih besar dari 0,3. Hal ini menunjukkan jika masing-masing pernyataan pada promosi, kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen dapat diandalkan dan layak digunakan sebagai penelitian. 2) Berdasarkan hasil analisis, nilai Cronbach’s Alpha atas variabel promosi (X1) sebesar 0,975, kualitas pelayanan (X2) sebesar 0,982, dan kepuasan konsumen (Y) sebesar 0,977. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keseluruhan variabel dalam penelitian ini reliabel, karna memiliki nilai Cronbach’s Alpha diatas 0,6. 3) Promosi memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,518 atau 51,8% dan sisanya sebesar 48,2% dipengaruhi faktor lain. 4) Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar sebesar 0,596 atau 59,6% dan sisanya sebesar 40,4% dipengaruhi oleh faktor lain. 5) Promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen Indomaret Soleh Iskandar KM 9 Bogor 0,610 atau 61,0% dan sisanya 39,0% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya. Up Unitomo Press

Irfan, Muhammad Andi. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jilid 9. Bontang.

Khairani, Rafida. et.al. 2019. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Matahari Putera Prima (Hypemart). Jilid 5. Medan

Oscar, Bheben dan Ulfiani, Hikma. 2019. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kiblat Pengusaha Indonesia. Jilid 9. Bandung.

Ritonga, Husni Muharram. et.al. 2018. Manajemen Pemasaran; Konsep dan Strategi. Medan.

Sanny, Isma Indrawan dan Dewi, Rina Kurniawati. 2020. Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013- 2017. Jilid 4. Bandung.

Sondak, Chrisny. at.al. 2021. Analisis Pengaruh Promosi Penjualan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Indogrosir Manado. Jilid 9. Manado.

Sudirman, Riki et.al. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan d’Dhave Hotel Purus Padang. Jilid 4. Universitas Ekasakti Padang.

Sulistiyowati, Wiwik. 2018. Kualitas Layanan; Teori dan Aplikasinya. Sidoarjo.Umsida Press.

Zainurossamia, Saida. 2020. Manajemen Pemasaran; Teori dan Strategi. Nusa Tenggara Barat, FP Aswaja

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN INDOMARET SOLEH ISKANDARKM 9 BOGOR. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(2), 96-115. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/60

Similar Articles

21-30 of 30

You may also start an advanced similarity search for this article.