PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK DOMPET DHUAFA PARUNG

Authors

  • Andri Herwanto Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author
  • Adrian Adha Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Author

Keywords:

Fasilitas, Pelayanan , Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Fasilitas (X1) dan Pelayanan (X2) baik secara parsial maupun simultan terhadap Kepuasan Pasien Klinik Dompet Dhuafa Parung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan sampel purposive dengan hasil jumlah sampel 54 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier, uji korelasi linier, koefisien determinasi dan data diolah dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian semua instrumen variabel Fasilitas (X1) terhadap Kepuasan Pasien (Y) hasil Thitung sebesar 57,195 pada signfikan (0,000) < 0,005 atau Pvalue (sig) < 0,005 maka adanya pengaruh sebesar 98,4%. Sedangkan untuk hasil penelitian Pelayanaan (X2) terhadap Kepuasan Pasien (Y) hasil Thitung sebesar 27,425 pada signfikan (0,000) < 0,005 atau Pvalue (sig) < 0,005 adanya pengaruh sebesar 93,5%. Untuk hasil penelitian Fasilitas (X1) dan Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Pasien (Y) hasil Fhitung sebesar 2067.432 pada signfikan (0,000) < 0,005 atau Pvalue (sig) < 0,005 maka adanya pengaruh sebesar 98,8%. Dengan hasil penelitian ini maka menunjukan adanya pengaruh antara Fasillitas (X1) dan Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan pasien (Y) pada Klinik Dompet Dhuafa Parung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dessler.Gary.2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1 Edisi 10. Jakarta: Indeks.

Ghozali. Imam.2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan. Malayu S.P. 2016. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah.Edisi Revisi.Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (teori dan praktik).Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler. P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara. A.A. Anwar Prabu.2016.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priansa. Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Pesaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Ridwansyah. Ardhi. 2017.Instant Marketing For Busy People : Rangkuman Intisari Pemasaran.Jakarta:Esensi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. Fandy. 2014.Pemasaran Jasa,Prinsip, Penerapan dan Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK DOMPET DHUAFA PARUNG. (2024). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(2), 1-13. https://e-journal.stimbudibakti.ac.id/index.php/mapira/article/view/55

Most read articles by the same author(s)