PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIM BUDI BAKTI)
Keywords:
Brand Ambassador, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Brand Ambassador (X1) dan Harga (X2) baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan Pembelian (Y) Handphone Samsung Pada Mahasiswa (STIM) Budi Bakti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan sampel probability dengan hasil jumlah sampel 80 responden yang memutuskan untuk membeli handphone Samsung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier, uji korelasi linier, koefisien determinasi dan data diolah dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian semua instrumen variabel Brand Ambassador (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) hasil Thitung < Ttabel = 5,821 > 1,99006 maka adanya pengaruh sebesar 30,3%. Sedangkan untuk hasil penelitian Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) hasil Thitung < Ttabel = 9,972 > 1,99006 maka adanya pengaruh sebesar 56%. Untuk hasil penelitian Brand Ambassador (X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) hasil Fhitung < Ftabel = 64,890 > 2,72 maka adanya pengaruh sebesar 62,8%. Dengan hasil penelitian ini maka dapat membantu Samsung untuk meningkatkan minat masyarakat membeli handphone Samsung.
Downloads
References
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat beli belanja online. Jurnal manajemen dan bisnis sriwijaya, 14(2), 155-168.
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1-14.
Kharisma, L., & Hutasuhut, S. (2019). Peran Mediasi Minat Beli pada Pengaruh Brandambassador dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Niagawan, 8(3), 197-215.
Setiawan, G., Novari, E., & Kusumadewi, R. (2021). PENGARUH BUZZ MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2), 22-31.
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1-14.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.
Widyasari, S. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR. HARGA, KOREAN WAVE TERHADAP KEPUTUSAM PEMBELIAN HANDPHONE (studi kasus pada pelanggan Samsung) (Doctoral dissertation, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA).
Simamora, B. (2005). Analisis multivariat pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.
Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-122.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tissa Fitriaisyah, Giharjo (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.