PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA EVLOGIA COFFEE & SPACE DRAMAGA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.71277/a9qtn345Keywords:
Keputusan Pembelian, Store AtmosphereAbstract
Sebagai salah satu pelaku usaha di bidang kuliner khususnya kopi, Evlogia Coffee & Space Dramaga Bogor telah berhasil memikat banyak pelanggan di Kabupaten Bogor. Selain kualitas kopi yang unggul, salah satu faktor yang berkontribusi pada kesuksesan Evlogia Coffee & Space Dramaga Bogor adalah store atsmosphere yang nyaman dan menarik. Desain interior yang modern, perpaduan warna yang harmonis, serta pilihan musik yang pas menciptakan store atsmosphere yang mendukung produktivitas maupun relaksasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana store atsmosphere memengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli kopi di Evlogia Coffe & Space Dramaga Bogor. Pengaruh positif dan signifikan store atsmosphere terhadap keputusan pembelian kopi pelanggan di Evlogia Coffe & Space Dramaga Bogor telah terkonfirmasi melalui analisis regresi linier sederhana. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 13.708 yang jauh melebihi nilai t tabel yaitu sebesar 1.688. Uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang kurang dari 0,05, mengindikasikan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara suasana toko dan keputusan pembelian kop Evlogia Coffe & Space Dramaga Bogor juga akan meningkat. Terdapat korelasi positif antara store atsmosphere yang nyaman dengan peningkatan keputusan pembelian kopi, Model regresi menunjukkan bahwa rata-rata pembelian adalah 11.557 terjadi jika tanpa ada pengaruh peningkatan/penurunan store atsmosphere, dan setiap peningkatan 1 satuan store atsmosphere akan meningkatkan pembelian sebesar 1.093. Store atsmosphere sangat mempengaruhi Keputusan pembelian kopi di Evlogia Coffe & Space Dramaga Bogor. Peningkatan store atsmosphere meningkatkan penjualan kopi rata-rata 1.093 cangkir, dan berkontribusi 71,7% pada keputusan pembelian.
Downloads
References
Berman, B., dan Evans JR. 2010. Retail Management: A Strategic Approach (6th Edition). New York: Macmillan.
Dita Murinda Katarika dan Syahputra. (2017). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada coffee shop di Bandung. Jurnal Ecodemica, Vol. 1 No. 2 September 2017.
Duwi Priyatno. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi
Esti Wulansari dan Tri Sudarwanto (2010). Pengaruh cafe atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian pada pos shop Coffee Toffee Simpang. Skripsi Universitas Negeri Surabaya.
Kotler , P. dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Levy, Michael., dan Weitz, Barton A. (2007). Retailing Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Lupiyodadi, Rambat. (2010). Manajemen pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Lyon, Heather. (2009). Coffe Shop and Lunch Bar (riset bisnis). Jakarta: Salemba Humanika. Mariska. (2010). Buku Pintar Hidup Sehat. Jakarta: Gramedia.
Mowen dan Minor. 2008. Perilaku Konsumen jilid 2 edisi 4. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga. Panggabean, Edy. 2011. Mengeruk untung dari bisnis kopi. AgroMedia Pustaka.
Puspita Intan, dan Hidayat, K. (2015). Pengaruh atribut produk terhadap psikologis konsumen yang berdampak terhadap keputusan pembelian. (Studi pada Konsumen Kopi Kapal Api Jl. Jaksa Agung Suprapto Gang 1 RW.02 Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang Provinsi Jawa Timur). Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB) Vol. 25 No. 1, Agustus 2015.
Rangkuti, Freddy. 2015. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 B. Retno Pratiwi Sakti, Arif Igo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.