ANALISIS BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PARIWISATA KOTA SANYA UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.71277/heck9p80Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Sanya, Strategi KomunikasiAbstract
Pariwisata Kota Sanya Provinsi Hainan, Cina, mengalami pertumbuhan pesat sebagai salah satu destinasi internasional unggulan, namun perkembangan ini juga menghadapi tantangan dalam hal komunikasi dan promosi di tengah perubahan perilaku wisatawan global yang semakin bergantung pada teknologi digital. Fenomena meningkatnya penggunaan media sosial sebagai sumber informasi utama wisatawan internasional menuntut strategi komunikasi yang adaptif agar citra destinasi tetap positif dan daya tariknya terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan dalam pengembangan pariwisata Kota Sanya serta mengidentifikasi elemen-elemen bauran pemasaran 7P yang digunakan untuk menarik wisatawan mancanegara. Penelitian ini menggunakan metode Studi Lapangan Komprehensif dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara serta analisis dokumen kebijakan pariwisata dan materi promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi di Kota Sanya cukup efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan internasional. Produk wisata yang ditawarkan beragam dan khas, harga kompetitif didukung kebijakan bebas visa, serta aksesibilitas transportasi yang baik memperkuat daya tarik destinasi. Promosi dilakukan melalui media digital, influencer, dan kerja sama internasional yang konsisten membangun citra positif. Selain itu, keterlibatan masyarakat lokal (people), efisiensi layanan pariwisata (process), dan dukungan infrastruktur serta keaslian budaya lokal (physical evidence) semakin meningkatkan kualitas pengalaman wisatawan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi berbasis bauran pemasaran 7P menjadi kunci keberhasilan Kota Sanya dalam memperkuat daya saingnya sebagai destinasi wisata global yang berkelanjutan.
Downloads
References
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada
Alimudin, M., & Dharmawati, D. M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Pariwisata Pulau Pari (Mix Method: Exploratory Sequential Design). Jurnal EMT KITA, 6(2), 342–350. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.689
Booms, B. H., & Bitner, M. J. (1981). Marketing strategies and organizational structures for service firms. In J. H. Donnelly & W. R. George (Eds.), Marketing of services (pp. 47–51). Chicago: American Marketing Association
Candra Wahyu Hidayat. (2021). The Influence Of Mix Marketing On Decisions For Use Of Online Transportation Towards Global Competition. International Journal of Science, Technology & Management, 2(4), 1154–1163. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i4.253
Choirunnisa, I., & Karmilah, M. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya Studi Kasus: Kawasan Pecinan Lasem, Kampung Lawas Maspati, Desa Selumbung. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), 89-109
Chu, L., Oloo, F., Chen, B., Xie, M., & Blaschke, T. (2020). Assessing the Influence of Tourism-Driven Activities on Environmental Variables on Hainan Island, China. Remote Sensing, 12(17), 2813. https://doi.org/10.3390/rs12172813
Creswell, J. W. (2016). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dong, E., Fu, B., Li, Y., Jin, J., Hu, H., Ma, Y., Zhang, Z., Xu, Q., & Cheng, Z. (2022). Hainan Sport Tourism Development—A SWOT Analysis. Sustainability, 14(19), 12653. https://doi.org/10.3390/ su141912653
Gunawan Aji, Natalia Casha, Siti Fatimah, & Allisa Qotrunnada Munawaroh. (2023). Pengaruh Budaya Terhadap Penerapan Strategi Pemasaran Internasional. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.55606/jempper.v2i2.1427
Illahi, N. K., & Aditia, R. (2022). Analisis Sosiologis Fenomena dan Realitas Pada Masyarakat Siber. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(2). https://doi.org/10.37676/mude.v1i2.2217
John, S. P., & De’Villiers, R. (2020). Elaboration of marketing communication through visual media: An empirical analysis. Journal of Retailing and Consumer Services, 54, 102052. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102052
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education
Mulyadi, Z. N. P. (2024). Optimalisasi Strategi Komunikasi dalam Hubungan Interpersonal. Jurnal Darussalam, 16(1), 180-193
Nugroho, N. F., & Afgani, J. J. (2023). Kajian Konsep Arsitektur Bioklimatik Pada Bangunan Hotel Resort (Studi Kasus Hainan Blue Bay Westin). PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 7(1), 21. https://doi.org/10.24853/purwarupa.7.1.21-26
Oktaviani, A. B., & Yuliani, E. (2023). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat. Jurnal Kajian Ruang, 3(1), 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v3i1.22574
Saraswati, H. D., & Afifi, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Strategic Communication, 12(1), 138-155
Situmeang, I. V. O. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata: Menciptakan Seminyak Menjadi Top Of Mind Tujuan Wisata di Bali. Scriptura, 10(1), 43–52. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.43-52
Sudiarta, I. M., Suharsono, N., Tripalupi, L. E., & Irwansyah, M. R. (2021). Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat. Business and Accounting Education Journal, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.15294/baej.v0i1.42765
Suhairi, Aulia Azmi Lubis, Dinda Savira Viantika, Elda Anjely Hasibuan, Agung Pratama Tarigan, & Farhan Harahap. (2023). Pengaruh Faktor Budaya Terhadap Bisnis Internasional. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1019
Tiago, F., Gil, A., Stemberger, S., & Borges-Tiago, T. (2021). Digital sustainability communication in tourism. Journal of Innovation & Knowledge, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.1016/j.jik.2019.12.002
Van Ruler, B. (2018). Communication Theory: An Underrated Pillar on Which Strategic Communication Rests. International Journal of Strategic Communication, 12(4), 367–381. https://doi.org/ 10.1080/1553118X.2018.1452240
Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi, N., & Santoso, S. B. (2020). The Effect of Marketing Mix on Purchase Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2). https://doi.org/10.18196/mb.11295
Zhang, S., & Ju, H. (2021). The regional differences and influencing factors of tourism development on Hainan Island, China. PLOS ONE, 16(10), e0258407. https://doi.org/10.1371/journal. pone.0258407
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Krisno (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.